Panduan Strategi SEO untuk Pemula – Di era sekarang ini, perusahaan yang menggunakan strategi digital atau online terus berkembang pesat. Salah satunya dengan membuat website untuk mempromosikan produk. Namun untuk berhasil, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Anda membutuhkan strategi SEO yang tepat.

Seo atau Search Engine Optimization adalah optimasi mesin pencari agar halaman web Anda dapat muncul di halaman pertama Google Search. Berikut ini adalah informasi tentang beberapa panduan strategi SEO untuk pemula yang harus Anda ketahui.

Panduan Strategi SEO untuk Pemula

Secara umum, jika Anda baru ingin memulai teknik SEO untuk mengoptimalkan situs web Anda, Anda harus mengetahui sedikit panduan strategi SEO untuk pemula.

  1. Riset Kata Kunci

Saat merencanakan situs pengembangan, hal pertama yang Anda lakukan tentu saja merencanakan. Langkah selanjutnya yang sangat dibutuhkan adalah apa yang dicari orang saat mengetik kata kunci di Google.

Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan Google Adwords yaitu Keyword Tools. Dengan layanan ini, Google menawarkan berbagai kata kunci secara gratis. Dengan itu Anda mencoba mencari kata kunci dan melihat artikel seperti apa yang akan keluar.

Secara umum, jenis artikel akan serupa dan ini bisa menjadi tanda jenis artikel apa yang paling banyak dicari pengguna. Namun, bukan berarti Anda membuat artikel serupa.

  1. Gunakan domain dengan kata kunci Anda

Kehadiran kata kunci dalam domain dapat memudahkan mesin pencari untuk mengetahui fokus situs yang dibuat. Trik ini pasti akan banyak membantu Anda dan menjadi rekomendasi untuk Anda coba.

  1. Plugin SEO

Ada beberapa plugin pendukung yang seharusnya ada di situs yang dapat membantu SEO situs Anda juga. Ada beberapa contoh plugin WordPress yang sangat membantu SEO yaitu Yoast WP SEO, Google XML sitemaps, dan gambar SEO friendly.

  1. Bangun Tautan Balik

Yang perlu diketahui adalah bahwa algoritma Google selalu dapat berubah dari waktu ke waktu. Namun, hal utama yang tidak berubah dalam SEO adalah backlink. Itu sebabnya Anda perlu membangun backlink berkualitas untuk situs Anda. Ini bisa terjadi berulang kali dan bertahap.

Saat membangun backlink berkualitas tinggi, Anda harus menggunakan waktu luang Anda untuk membangun backlink berkualitas dan ini harus dilakukan terus menerus. Soalnya bagi kita yang tidak punya banyak waktu pasti akan sulit melakukan semuanya. Anda dapat menggunakan bantuan spesialis SEO untuk ini. cocok untuk anda yang tidak punya banyak waktu dan untuk membangun backlink yang terus menerus dilakukan oleh jasa SEO.

  1. Perhatikan penamaan gambar

Anda perlu mengoptimalkan setiap bagian dari gambar yang Anda unggah. Anda perlu memasukkan beberapa optimasi seperti tag judul, ALT, dan nama file gambar sesuai dengan kata kunci yang Anda pilih.

  1. Tambahkan tautan

Kemudian jangan lupa sertakan link seperti link internal dan eksternal. Tautan internal adalah tautan ke halaman yang menautkan ke halaman lain di situs yang sama. Kemudian untuk external link adalah link yang anda sertakan yang akan mengarah ke situs lain seperti wikipedia.

Tautan internal ini membantu meningkatkan keterlibatan pengguna, menurunkan rasio pentalan, dan mempermudah Google membaca halaman di situs Anda.

Tautan eksternal memperkuat konten artikel Anda dengan memasukkan berbagai sumber penulisan artikel. Kehadiran tautan eksternal berkualitas tinggi dapat memengaruhi relevansi dan tingkat kepercayaan laman. Dengan semua itu, SEO di situs Anda mendapat nilai positif dari Google.