Memahami Brand Awareness – Tahukah Anda bahwa warna, simbol, dan logo dapat mengaitkan ingatan dan perspektif seseorang tentang suatu merek dengan produk atau layanan tertentu? Misalnya, jika seorang pengendara sepeda motor memakai helm dan jaket hijau, apa yang Anda pikirkan? Atau ketika Anda melihat permukaan laptop yang melambangkan apel yang digigit, Anda harus segera tahu merek laptop apa itu, bukan? Nah, inilah yang disebut brand awareness. Maka pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian brand awareness dan manfaatnya bagi pengusaha.

Memahami Brand Awareness Dan Manfaatnya

Dalam bahasa Indonesia, brand awareness lebih dikenal dengan brand awareness. Pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik itu warna, logo, gambar, dll yang menggambarkan identitas suatu merek.

Kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek harus diciptakan dan dipelajari karena akan menjadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Baca Juga : Cara Membangun Local SEO

Pada saat yang sama, penting juga bagi pemilik merek untuk mempelajari perilaku konsumen untuk membuat konsumen sadar akan produk dan layanan mereka, dan untuk mengembangkan strategi promosi, strategi penjualan, dan bahkan strategi pengembangan bisnis secara umum.

Sebelum Anda bisa memiliki brand dengan tingkat kesadaran konsumen yang tinggi, Anda harus melakukan branding terlebih dahulu. Branding adalah suatu proses atau usaha yang berguna dalam memberikan arti pada suatu produk atau jasa.

Artinya sebagai pemilik merek, Anda harus menciptakan citra yang baik dan kuat di benak publik dan menjadi strategi yang dapat dirancang oleh perusahaan untuk membantu proses identifikasi dengan cepat. Dengan cara ini produk dan layanan Anda membedakan diri dari produk yang sudah ada di pasar.

Tujuan utama dari brand awareness tentunya untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan berbagai cara. Seperti contoh di awal artikel, ketika melihat pengendara motor berjaket dan helm hijau, ingatan Anda akan langsung tertuju pada dua merek ojek online dengan fungsi dan layanannya masing-masing. Ketika Anda membeli air mineral, Anda tentu teringat akan satu atau dua merek air mineral yang mereknya melekat kuat di ingatan Anda.

Dalam proses branding untuk menanamkan identitas merek, Anda dapat memberikan kesan yang mendalam, baik itu menciptakan nama produk, warna yang khas, logo yang unik, dan yang terpenting menjaga kualitas dan pelayanan yang sama. Semakin kuat citra yang Anda buat, semakin kuat kesadaran konsumen akan merek Anda. Saat loyalitas mereka meningkat, mereka bahkan bisa menjadi “corong” promosi untuk produk Anda tanpa Anda harus bertanya.

Manfaat Brand awareness untuk Pemilik Bisnis

Menerapkan strategi merek dan meningkatkan brand awareness atau brand awareness dari produk tertentu akan membawa respon dan umpan balik yang besar bagi perusahaan. Branding yang baik dapat mengubah cara pandang dan opini masyarakat serta mendorong mereka untuk bersikap positif dan pada akhirnya target pasar akan semakin luas.

Fakta ini menyimpulkan bahwa brand awareness dapat mendongkrak produk perusahaan di pasar. Berikut adalah beberapa manfaat brand awareness bagi pemilik bisnis:

  1. Tingkatkan kesadaran dan kehadiran merek

Orang akan menyadari kehadiran suatu merek jika merek tersebut dapat mengajarkan hal-hal unik yang dapat diingat dengan baik oleh konsumen. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui penggunaan logo, nama, simbol, dan sebagainya. Setelah itu, cobalah untuk membuat iklan promosi yang unik, mudah diingat dan akan membuat konsumen selalu mengingat merek Anda. Semakin banyak konsumen mengingat merek Anda, semakin banyak kesadaran dan kehadiran merek Anda. Bahkan, efek positifnya adalah konsumen yang kemana-mana lebih memilih merek Anda daripada merek pesaing.

  1. Dapat digunakan untuk menarik pelanggan baru

Jika sebuah branding dapat meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. Apalagi jika produk dengan merek Anda berkualitas baik dan dapat memenuhi apa yang diinginkan konsumen. Pertimbangkan hukum pemasaran yang mengatakan pelanggan yang senang dengan merek Anda akan mengundang 10 teman mereka untuk menggunakan produk merek yang sama. Dari mulut ke mulut seperti ini masih berlaku sampai sekarang.

  1. Meningkatkan nilai jual kembali

Branding yang baik meningkatkan brand awareness. Jika peningkatan ini juga ditunjang dengan kualitas produk yang prima dan layanan pendukung lainnya, maka tidak heran jika suatu saat Anda menaikkan harga, konsumen tetap akan membeli produk Anda. Banyak cara untuk meningkatkan nilai jual ini, misalnya dengan kemasan yang unik, penjualan dengan sistem bundling atau banyaknya review positif dari pelanggan setia yang puas dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

  1. Sebagai bentuk kepercayaan

Menggunakan cara branding yang tepat dan profesional tentunya dapat membangun banyak kepercayaan baik dari pihak konsumen maupun investor. Oleh karena itu, susun dan perluas branding dengan menekankan keahlian di bidang tertentu.

Semoga setelah Anda memahami arti brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik bisnis, Anda dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk mengeksekusi branding yang tepat sasaran dan terukur. Anda bisa mengundang salah satu brand konsultan atau brand marketing agency yang menguasai strategi brand atau digital marketing strategy untuk hasil brand yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat diterapkan dalam bisnis Anda nantinya.