Cara Membangun Local SEO – Mendapatkan posisi yang bagus di pencarian Google sebenarnya bisa memberikan banyak keuntungan. Terutama untuk situs website pemasaran digital. Itu sebabnya Anda perlu memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) situs Anda. salah satunya, dengan membangun SEO lokal untuk website Anda.

Cara Membangun Local SEO

Mungkin bagi pemula hal ini akan sangat membingungkan. Anda pasti membutuhkan referensi dan penjelasan lengkap serta tips untuk memulai SEO lokal ini, bukan? Kali ini kami memberikan tips membangun SEO lokal.

Alasan mengapa Anda harus mengoptimalkan SEO lokal

Pengoptimalan local SEO dapat membuat situs website atau lokasi bisnis Anda muncul di halaman mesin pencari, seperti ketika calon pembeli mengetik sesuatu yang terkait dengan situs website Anda atau produk yang Anda jual, bisnis atau layanan Anda ditampilkan kepada mereka. Tentunya hal ini dapat membuat bisnis Anda lebih dikenal dan bahkan memungkinkan terjadinya konversi.

Jadi jangan lewatkan momen ini dan manfaatkan dengan menerapkan tips SEO lokal sebagai berikut:

Buat situs website yang ramah seluler

Pernahkah Anda memperhatikan rasio pentalan di situs Anda? Tahukah Anda bahwa skor situs website buruk jika rasio pentalan tinggi dan pengguna seluler rendah? Ada banyak faktor yang mempengaruhi rasio pentalan. Temukan penyebabnya secara detail agar Anda bisa segera melakukan perbaikan. Karena jika situs website Anda mendapat skor buruk di mesin pencari, tentu saja situs website Anda akan sulit ditemukan oleh pelanggan Anda.

Selain itu, pastikan situs Anda dirancang untuk membuat pengguna seluler merasa nyaman, seperti ponsel cerdas, tablet, atau perangkat portabel lainnya. Ini adalah salah satu cara paling dasar untuk membangun SEO lokal.

Manfaatkan Google Maps

Anda bisa membangun brand awareness melalui SEO lokal dengan menggunakan beberapa tools gratis dari Google, seperti Google Maps. Dalam pencarian lokal, peta Google dapat membantu pengguna internet yang mencari lokasi bisnis Anda dengan cepat dan juga ingin tahu cara menuju ke sana.

Mengaktifkan fitur Google Maps tidak hanya disarankan bagi Anda yang baru memulai optimasi SEO. Ya, bagi yang sudah lama berbisnis, atau yang baru saja pindah lokasi bisnis, sebaiknya segera klaim lokasi di Google Maps dan jangan ditunda-tunda.

Fitur Google ini tidak hanya sederhana, tetapi juga gratis. Siapa pun dapat menambahkan bisnis mereka ke Google Maps. Tapi ingat, Anda juga perlu memverifikasi bahwa Anda pemilik bisnis tersebut.

Optimalkan daftar Google Maps Anda dan tampilkan informasi Anda di folder

Secara umum, penggunaan Google Maps tidak hanya ditujukan untuk dapat menemukan perusahaan secara langsung. Namun, juga dimungkinkan untuk menemukan kategori tertentu. Misalnya, Anda mengetik “kopi viral di daerah saya”. Jadi Google juga akan menampilkan daftar peta lokal sehingga pengguna dapat menemukan salinan viral di sekitar pengguna.

Oleh karena itu, setelah Anda memiliki akun Google Bisnisku dan mengklaim bisnis atau cantuman bisnis Anda, Anda harus segera melakukan hal berikut:

  • Pastikan informasi bisnis Anda selalu akurat dan terkini, termasuk secara konsisten memperbarui situs website dan media sosial apa pun yang Anda miliki.
  • Kumpulkan ulasan dan peringkat yang bagus. 3 hasil pencarian teratas umumnya memiliki rata-rata 47 ulasan dan 4-5 bintang.
  • Tanggapi ulasan pelanggan di Google, meskipun itu hanya ucapan terima kasih.
  • Sertakan beberapa foto bisnis Anda sehingga calon pelanggan dapat membayangkan kondisi sebenarnya.

Ingatlah bahwa Anda juga dapat menggunakan direktori bisnis untuk selalu memperbarui informasi perusahaan yang Anda miliki. Jika data Anda selalu up to date dan terkini, Google akan menunjukkan bisnis Anda. Apalagi saat perusahaan baru pindah lokasi, sebaiknya segera ganti listing dengan yang terbaru. Kemudian jangan lupa untuk menghapus duplikatnya agar tidak bingung.

Cari kata kunci untuk lokasi yang ditargetkan

Tips SEO lokal selanjutnya adalah gunakan nama lokasi dan pikirkan bagaimana pengguna di sekitar Anda akan mencari bisnis ini. Misalnya, jika Anda berbisnis di industri kopi viral, pengguna pasti akan mencari kata kunci seperti “kopi viral kekinian di dekat saya” atau “kopi viral murah di kota saya” dan lain sebagainya. Anda perlu menemukan kata kunci yang dapat mengundang mereka untuk menemukan bisnis Anda.

Menyertakan kata kunci ini akan membantu situs Anda lebih berkembang. Juga pertimbangkan untuk memiliki halaman khusus untuk situs website Anda, dengan fokus lokasi tertentu. Jika ada beberapa cabang, buat halaman yang berbeda. Ini adalah bagaimana Anda membangun kesadaran merek dengan SEO lokal.

Selalu Praktikkan SEO yang benar

Cara optimasi SEO lokal dengan optimasi SEO umum sedikit berbeda dalam satu atau dua cara, tetapi ada tumpang tindih juga. Beberapa praktik SEO umum yang dapat Anda gunakan untuk SEO lokal Anda. Yang jelas anda perlu berlatih SEO baik on page maupun off page.

Anda juga memerlukan alat khusus untuk memantau peningkatan SEO atau untuk berkolaborasi dengan agensi pemasaran digital di Jakarta atau agensi pemasaran digital di Indonesia. Mereka memiliki tim profesional yang mencakup SEO, SEM, ahli strategi pemasaran digital, periklanan kreatif, dan bahkan strategi pemasaran media sosial.

Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas ini bisa bermanfaat bagi Anda semua yang membacaya, dan untuk informasi lainnya Anda bisa lihat pada blog artikel kami. nah, jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar ataupun lewat icon whatsapp yang ada di pojok kanan ya.