Apa itu SEO On Page – Dalam SEO, terdapat banyak faktor yang perlu untuk Anda perhatikan agar Website dapat naik peringkat dengan mudah. Demi memudahkan praktiknya, SEO dibagi ke dalam dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan membagikan kepada Anda semua mengenai SEO On Page.

Apa itu SEO On Page

SEO On Page merupakan tata cara atau praktik Optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Langkah Optimasi SEO On Page berfokuskan pada faktor – faktor yang terdapat dalam konten. Secara pemahaman dasar, SEO On Page dapat di artikan sebagai langkah Optimasi meningkatkan kualitas konten agar lebih memudahkan untuk dibaca.

Tidak hanya itu saja, SEO On Page yang di Optimasi dengan baik juga dapat memudahkan mesin pencari untuk memahami konten dan relevansi Website Anda dengan kata kunci yang sudah di Optimasi.

Setidaknya terdapat beberapa cara Optimasi SEO On Page yang penting untuk Anda lakukan sendiri. Dari mengubah link menjadi sederhana hingga mengganti pengaturan open in new tab. Memang apa saja langkah – langkahnya? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini!

  1. Gunakan Pemalink Sederhana

Permalink sederhana merupakan salah satu indikator utama yang ada pada SEO. Permalink yang sederhana dapat memudahkan mesin pencari untuk mengenali topik yang Anda bahas. Idealnya permalink cukup mengandung fokus keyword yang Anda targetkan saja.

Contohnya, Anda menargetkan kata kunci toko baju pria. Permalink yang ideal untuk konten seperti diatas adalah seperti:

www.websitebisnis.com/toko-baju-pria

Sayangnya, saat ini WordPress secara default membuat permalink Anda seperti berikut ini:

www.websitebisnis.com/2021/05/toko-baju-pria

Jadi untuk itu Anda perlu mengubahnya secara sendiri. Tenang saja Anda tidak perlu khawatir, untuk mengubah permalink ini cukup mudah. Anda hanya perlu membuka dashboard WordPress lalu klik Settings > Permalink. Setelah itu Anda dapat memilih menu Post Name dan klik Save. Cukup mudah bukan mengubah Struktur Permalink.

  1. Buatlah Judul Konten yang Menarik

Ketika orang – orang mencari sebuah kata kunci pada Google, mereka hanya akan melihat judul dan deskripsi singkat konten Anda pada hasil pencarian. Maka dari itu penting sekali untuk membuat konten semenarik mungkin agar orang langsung tertarik untuk membaca konten yang Anda buat.

Apa itu SEO On Page

Anda dapat menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul konten yang lebih menarik. Menurut Content Marketing Institute (CMS), judul dengan konten dengan angka menghasilkan performa 45% lebih baik dibandingkan dengan judul tanpa angka. Seperti Contoh berikut ini:

  • 4 Cara membuat Konten Menarik
  • Bagaimana membuat website? berikut ulasannya!
  • Cara berbisnis dari internet dalam 3 cara mudah

Walaupun begitu, tidak semua konten Anda cocok untuk menggunakan angka pada judulnya. Tentu Anda tidak harus selalu menggunakan angka dalam judul konten. Terdapat banyak variasi judul lainnya yang juga dapat menarik perhatian pembaca. Agar lebih mahir dalam membuat judul yang menarik, Anda dapat menyimak berbagai macam informasi yang ada pada Google.

3. Tambahkan Gambar atau Video

Konten yang berisi teks saja akan sangat membosankan bukan. Selain membosankan, konten yang tidak menggunakan visual apa pun juga akan melelahkan untuk dibaca. Maka dari itu tambahkan setidaknya satu atau dua gambar pada setiap konten yang Anda buat.

Namun akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan media visual seperti video. Menurut Vinyard, artikel dengan video memiliki kesempatan 53 kali lebih besar untuk bisa muncul pada hasil pencarian pertama pada mesin pencari Google dibandingkan dengan konten yang tidak ada video atau gambar.

4. Optimasi Gambar

Mengapa penting sekali untuk melakukan Optimasi pada gambar? Pentingnya melakukan Optimasi pada gambar agar dapat meningkatkan kualitas SEO On Page pada Website. Pertama Anda dapat memastikan ukuran gambar tidak terlalu besar. Gambar yang terlalu besar hanya akan memperhambat loading dari Website Anda. Setidaknya ukuran gambar tidak lebih dari 100kb.

5. Gunakan Tema Responsif (Mobile Friendly)

Yang dimaksud dengan tema responsif adalah tema yang kompatibel dengan perangkat apapun. Baik untuk dibuka pada perangkat desktop, tablet, ataupun perangkat mobile, Website tetap berjalan dengan baik dan responsif.

Sayangnya tidak semua tema yang ada pada WordPress responsif. Maka dari itu penting untuk Anda teliti lebih mendalam sebelum memilih tema yang akan Anda gunakan pada Website Anda. Pastikan tema yang Anda pilih responsif di semua perangkat terutama mobile, karena pengguna internet saat ini lebih banyak yang menggunakan mobile dibandingkan desktop.

Kesimpulan

Optimasi SEO On Page bukanlah hal yang begitu menyulitkan. Dengan Anda menerapkan langkah – langkah diatas, sama saja Anda sudah meningkatkan kualitas SEO On Page Website Anda. Setelah melakukan Optimasi SEO On Page tahap selanjutnya Anda harus melakukan Optimasi SEO Off Page.