Apa itu Long Tail Keyword – Apa Anda sudah lelah untuk bersaing dengan Website lain pada pencarian untuk kata kunci yang bervolume tinggi? Atau Anda punya masalah trafik Website yang Anda miliki tidak meningkat, malah lebih memilih Website Kompetitor? Tenang kami punya solusinya untuk Anda.

Apa itu Long Tail Keyword

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas mengenai Long Tail Keyword kepada Anda semua. Salah satu rahasia SEO yang satu ini dapat menjadi solusi dari berbagai masalah seperti di atas. Anda tidak percaya? Mari kita buktikan pada Artikel berikut ini.

Long Tail Keyword merupakan kata kunci yang spesifik dengan volume kecil, yang mengakibatkan tingkat persaingan cenderung lebih rendah. Mungkin banyak juga yang mengira bahwa Long Tail Keyword itu pasti kata kunci yang panjang terdiri dari tiga kata atau lebih, akan tetapi nyatanya tidak seperti itu. Long Tail Keyword bisa saja terdiri dari dua kata asalkan kata kunci tersebut spesifik dengan tingkat persaingan yang rendah.

Walaupun memiliki Volume rendah, Long Tail Keyword itu lebih tepat sasaran dibandingkan Short Tail Keyword. Mengapa demikian? Sebab Long Tail Keyword akan lebih menargetkan kata kunci yang amat spesifik. Kemungkinan besar kata kunci tersebut memang menampilkan pencarian yang benar banyak di cari oleh pengguna Internet.

Apa Anda masih bingung? Baiklah, kami akan memberikan contohnya untuk Anda. Gambar dibawah ini merupakan hasil pencarian Google dengan kata kunci “Samsung S20 Ultra”:

Apa itu Long Tail Keyword

Bisa Anda lihat bahwa hasil pencarian diatas hanya menampilkan beberapa hal yang berhubungan dengan “Samsung S20 Ultra”. Mulai dari halaman produk resmi, informasi mengenai harga terbaru lainnya, hingga artikel yang membahas mengenai produk tersebut, sangat luas sekali bukan?

Coba Anda bandingkan dengan kata kunci, “Samsung S20 Ultra vs Iphone 12 Pro Max” dibawah ini. Dengan Anda mencari kata kunci seperti itu maka hasil pencarian yang Anda temukan akan lebih tepat dan sangat spesifik sesuai dengan kata kunci tadi. Dan inilah yang disebut dengan Long Tail Keyword.

Apa itu Long Tail Keyword

Kenapa Long Tail Keyword?

“Long Tail Keyword kan memiliki volume sedikit, kenapa lebih memilih ini?”

Mungkin itu pertanyaan yang sering keluar, kami akan memberikan tiga jawaban atas pertanyaan Anda tersebut:

  1. Long Tail Keyword memiliki Persaingan Rendah

Masih menggunakan kata kunci “Samsung S20 Ultra” diatas, berikut merupakan jumlah hasil pencarian dengan kata kunci tersebut:

Apa itu Long Tail Keyword

Jadi, untuk Anda yang ingin mendapatkan ranking satu pada Google dengan kata kunci “Samsung S20 Ultra”, Anda harus bersaing dengan banyaknya volume pencarian tersebut, sangat berat bukan.

Di sisi lain, berikut merupakan jumlah hasil pencarian dengan kata kunci “Samsung S20 Ultra vs Iphone 12 Pro Max”:

Apa itu Long Tail Keyword

Long Tail keyword memiliki jumlah persaingan yang jauh lebih sedikit, bukan? Dengan kata lain, Anda dapat lebih mudah untuk mendapatkan rangking teratas pada Google. kalau sudah mencapai rangking atas, trafik akan lebih mudah datang dengan sendirinya.

2. Dapat mendatangkan banyak Trafik

Jika Anda memilih topik yang mempunyai banyak Long Tail Keyword, trafik organik juga akan datang lebih banyak. Sebab, Anda tidak menargetkan satu kata kunci utama saja dari topik tersebut, namun banyak kata kunci sekaligus.

Efeknya Website Anda akan muncul pada setiap pencarian dari masing – masing kata long tail keyword yang sudah ditargetkan tersebut. Bukan muncul sekali saja karena hanya menargetkan satu kata kunci utama.

Kami berikan contoh untuk Anda. Katakan Anda menargetkan suatu topik dengan 30 long tail keyword. Rata – rata trafik masing – masing keyword itu sudah pasti hanya akan memunculkan 50 pencarian perbulannya, sangat sedikit bukan.

Coba Anda gabungkan dengan semua keyword tersebut di Website Anda. Potensi Trafik organik sebesar 1500 pengunjung dapat Anda datangkan, sebab website Anda akan selalu muncul pada hasil pencarian dari 30 keyword tadi.

Bagaimana apakah Anda sudah mengerti Apa itu Long Tail Keyword? Jadi jangan salah sangka dulu Long Tail keyword merupakan kata kunci dengan jumlah yang panjang. Tidak semua long tail keyword itu tidak berpotensi mendatangkan trafik organik pada website Anda. Terdapat juga Long Tail Keyword yang dapat mendatangkan banyak trafik pada website Anda, semoga bermanfaat.