Apa itu Google Analytics – Saat ini lebih dari 27 Juta Website sudah terhubung dengan Google Analytics. Pengguna Analytics ini akan terus bertambah seiring berkembangnya teknologi. Dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, ada kemungkinan semakin banyak lagi Website yang akan terhubung dengan Google Analytics ini.

Apa itu Google Analytics

Yang sering kali menjadi pertanyaan adalah Apa itu Google Analytics? Bagaimana kita bisa menggunakan Google Analytics ini? Pada kesempatan kali ini kami Nusantara Web Digital akan membahas itu semua untuk Anda.

Google Analytics merupakan perangkat lunak berbasiskan Web yang banyak orang gunakan untuk menganalisis kinerja dari Website, seperti: Melacak, melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung Website. Bahkan tidak hanya itu saja fitur yang dapat Anda gunakan pada Google Analytics ini. Masih banyak fitur – fitur yang ditawarkan dan dapat Anda gunakan setiap harinya.

Analisis yang dilakukan Google Analytics ini dapat Anda jadikan sebagai bahan dalam merencanakan serta membuat konten yang lebih baik untuk para pelanggan Website Anda. Bisa dikatakan Google Analytics ini menjadi pintu untuk Anda mengembangkan situs Web yang lebih menarik dan dapat menjawab kebutuhan pasar.

Fungsi Google Analytics

Pengunjung yang berhubungan langsung dengan internet sudah pasti mempunyai data bukan. Identitas yang digunakan internet (penyedia ISP, DNS, dan lainnya) untuk mengetahui beberapa data dari pengguna Internet seperti alamat protokol (IP), lokasi, jenis perangkat, beberapa aktivitas, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja dimanfaatkan juga oleh beberapa penyedia layanan berbasis Online untuk mengenali pelanggannya.

Apa itu Google Analytics

Seakan tidak mau ketinggalan dengan lawan mainnya, Google Analytics pun juga ikut serta dalam mengembangkannya. Jadi fungsi Google Analytics yang paling utama itu adalah mendapatkan informasi mengenai pengunjung atau aktivitas pengunjung pada sebuah halaman situs Web.

Tidak hanya mengumpulkan informasi pelanggan saja, Google Analytics pun juga mengamati atau mengumpulkan data mengenai kinerja dari Search Engine Optimization atau SEO pada mesin pencari Google.

Sebagai contoh, informasi yang didapati oleh Google Analytics seperti kata kunci apa saja yang menarik bagi pengunjung, bagaimana tingkah laku dari pengunjung Website, apa saja perangkat yang digunakan pengujung dalam mengakses Website, dan masih banyak lagi.

Melalui beberapa fungsi itu Anda dapat menyimpulkan dan memproses nya secara cepat dengan tampilan yang mudah digunakan dan laporan yang dapat dibagikan dengan mudah pastinya.

Seperti yang sudah kita baca diatas, sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita dapat dari Google Analytics ini dalam mengembangkan bisnis kita. Anda dapat memanfaatkan beberapa cara yang sudah dibahas pada kesempatan kali ini. Namun masih banyak sekali fitur – fitur dari Google Analytics ini yang bisa Anda explore lebih luas lagi melalui aplikasinya.

Semoga informasi yang telah kami berikan diatas dapat menambah wawasan Anda dalam mengembangkan bisnis. Mungkin di lain hari kami akan membahas lebih lengkapnya lagi mengenai Google Analytics ini. Untuk Anda yang belum memiliki Website, tunggu apa lagi? Kembangkan bisnis Anda dengan layanan Website dan SEO Nusantara Web Digital agar Website bisnis Anda dapat maju dengan maksimal.