Mengenal SEO Off Page – Dalam SEO apabila hanya menjalankan On Page saja itu belum cukup. Kita juga perlu untuk melakukan Optimasi Website dari sisi Off Page agar dapat mengoptimalkan kualitas SEO secara keseluruhan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas kepada Anda semua mengenal SEO Off Page.
Mengenal SEO Off Page
SEO Off Page merupakan langkah Optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau Website utama yang kita miliki. Jika SEO On Page Anda hanya berfokus pada faktor SEO Internal Website, SEO Off Page menuntut Anda harus mengoptimalkan dari faktor Eksternal. Faktor Eksternal yang kami maksud disini adalah inbound link, backlink, hingga melakukan share pada media sosial.
Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah banyak orang yang beranggapan bahwa dalam mengenal SEO Off Page hanya membahas mengenai Link Building saja, nyatanya SEO Off Page jauh lebih luas dari pada itu. Memang benar, Link Building memang faktor yang cukup penting dalam SEO Off Page, akan tetapi bukan satu – satunya.
Saat ini terdapat beberapa langkah Optimasi yang penting untuk Anda pahami bila Anda ingin menjalankan SEO Off Page. Berikut merupakan beberapa langkah Optimasi yang sudah kami pelajari mendalam, diantaranya:
- Link Building
Berbicara mengenai SEO memang tidak lepas dari Link Building. Memang Link Building ini menjadi faktor terpenting yang ada dalam mengenal SEO Off Page. Mengapa Link Building menjadi faktor terpenting?
Karena Google menggunakan Algoritma yang dinamakan Page Rank, yang dimana Algoritma menjadi penilaian kualitas dan kuantitas dari Backlink yang terdapat pada Website. Memang terdapat beberapa Profesional SEO yang mengatakan bahwa Page Rank ini sudah tidak berlaku. Namun, kenyataannya Google mengkonfirmasi bahwa Page Rank masih tetap menjadi faktor penilaian oleh Google.
Baca Juga : 7 Cara membuat Konten SEO Friendly
Maka dari itu penting sekali Website Anda mendapatkan backlink/inbound link yang berkualitas agar dapat memperkuat SEO Off Page pada Website Anda. Dalam melakukan backlink terdapat beberapa faktor yang penting untuk Anda perhatikan. Apa saja faktor tersebut? Terdapat 4 faktor yang penting untuk Anda perhatikan, diantara:
- Page Authority dan Domain Authority
Setiap link pastinya memiliki kualitas yang berbeda – beda. Kualitas Website A sudah pasti berbeda kualitas dari Website B. Bahkan kualitas link dari halaman 1 di Website A dan halaman 2 di Website A juga memiliki kualitas yang berbeda.
Mengapa kualitas link tersebut berbeda? Kualitas link di nilai dengan skala Domain Authority dan Page Authority. Domain Authority merupakan kualitas profit backlink pada sebuah Domain secara keseluruhan, hal ini diukur dengan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi angkanya akan semakin baik juga link dari Domain tersebut.
Sedangkan untuk Page Authority adalah kualitas link yang ada pada halaman tertentu. Page Authority juga sama di hitung dengan skala 1 sampai 100, semakin tinggi angkanya akan semakin bagus juga kualitas link yang diberikan pada halaman tersebut.
- Dofollow dan Nofollow
Anda juga tidak bisa memberikan link sembarangan untuk Website yang Anda miliki. Mengapa demikian? sebab tidak semua link dapat dideteksi oleh Google, hanya link yang bersifat Dofollow yang di deteksi oleh Google. Apa itu Dofollow? Dofollow merupakan link yang dideteksi oleh robot Google sehingga dapat meningkatkan kualitas Authority sebuah Website. Secara default, link pada sebuah website biasanya sudah diatur sebagai Dofollow.
Begitu juga sebaliknya, Nofollow link disertai dengan nofollow tag yang memberikan sinyal kepada Google untuk tidak mendeteksi link tersebut. Jadi dapat dikatakan link yang bersifat Nofollow tidak akan berpengaruh pada kualitas Authority Website Anda.
- Anchor text
Anchor text merupakan teks yang berisi link dan dapat diklik oleh pengunjung Website. Google pun menyatakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pencarian adalah Anchor text. Link dengan Anchor text yang sama persis dengan kata kunci yang sudah ditargetkan menghasilkan kualitas pencarian lebih baik dibandingkan yang tidak.
Penting untuk Anda perhatikan, dalam melakukan Anchor text ini Anda perlu berhati – hati. Sebab jika terlalu banyak inbound link/backlink dengan Anchor text yang sama persis dapat mengakibatkan penalti yang diberikan oleh Google. Maka dari itu jangan terlalu berlebihan, lebih baik dilakukan sewajarnya saja.
- Relevansi
Relevansi menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam membangun backlink. Usahakan Anda mendapatkan backlink dari Website yang masih satu niche dengan Website Anda.
Misalnya, website Anda berada di niche traveler maka sebaiknya Anda mendapatkan backlink dari website yang membahas tema serupa. Begitu juga dengan niche lainnya. Mendapatkan inbound link/backlink dari niche yang sama punya nilai lebih dibanding backlink dari niche berbeda.
2. Google Bisnisku
Google Bisnisku merupakan layanan listing bisnis gratis yang disediakan oleh Google. siapa pun yang punya bisnis, bisa mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku. Google Bisnisku ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kualitas SEO off page Anda, terutama untuk SEO lokal.
Dengan mendaftar Google Bisnisku, bisnis Anda akan semakin mudah muncul di hasil pencarian lokal. Selain itu, bisnis Anda juga akan muncul di Google Maps. Ditambah lagi, bisnis Anda juga punya kesempatan semakin besar untuk muncul di kotak snack pack hasil pencarian Google.
3. Review
Review mengenai produk dan bisnis Anda juga punya pengaruh cukup penting terhadap SEO off page. Laporan dari Moz menunjukkan bahwa review menjadi faktor penting ketujuh pada SEO lokal.
Review yang dimaksud di sini tidak hanya dari review Google Bisnisku, tetapi juga dari situs-situs review lainnya. Semakin positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap SEO off page website Anda.
Sayangnya, pelanggan seringkali malas untuk memberikan review produk. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengadakan giveaway agar pelanggan termotivasi menuliskan review produk Anda. Anda bisa mengarahkan mereka untuk review di blog masing-masing, di akun Google Bisnisku, atau di situs review tertentu.
4. Share pada Media Sosial
Google secara resmi menyatakan bahwa share di media sosial bukan termasuk faktor ranking dan tidak berpengaruh pada SEO secara langsung. Salah satu dugaan alasan share di media sosial tidak dimasukkan sebagai faktor ranking adalah terlalu mudah dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan like dan share dengan harga terjangkau.
Lalu mengapa share di media sosial masih kami masukkan sebagai salah satu langkah SEO off page? Sebab share di media sosial yang asli (bukan dari hasil membeli) tetap punya pengaruh secara tidak langsung ke SEO off page.
Semakin banyak yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin besar pula kemungkinan untuk menjangkau orang-orang untuk membaca konten Anda. Dengan begitu potensi konten Anda untuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page meskipun tidak secara langsung.
Kesimpulan
SEO yang satu ini memang lebih sulit dibandingkan dengan SEO On Page. Sebab tidak semua faktor yang terdapat pada SEO Off Page dapat Anda kontrol sepenuhnya. Akan tetapi semua kerja keras Anda akan terbayar bila Authority dan trafik Website Anda meningkat setelah menerapkan semua langkah yang sudah kami berikan diatas.
Namun dalam menerapkan itu semua, pastikan Anda sudah tuntas dalam mengoptimasi Website dari sisi On Page nya. Mengapa harus melakukan Optimasi On Page dulu? Sebab tanpa kualitas SEO on page yang bagus, website-website lain akan enggan untuk merujuk ke website Anda. Akibatnya, potensi mendapatkan inbound link/backlink ke website Anda pun semakin kecil.