Indikator Utama SEO – SEO atau biasa disebut Search Engine Optimization merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja Website pada Mesin Pencari Google. Tingkat baik atau buruknya SEO dapat dilihat dari Website di halaman pertama Google. Apabila Website Anda tidak ditemukan pada halaman pertama Google, dapat dikatakan SEO dari Website Anda belum maksimal.
Indikator Utama SEO
Sebenarnya terdapat beberapa cara membuat Website menjadi populer pada Google. Salah satunya adalah membuat konten yang familiar dengan kata kunci yang banyak dicari oleh banyak orang. Selain itu terdapat juga cara berbayar untuk menjadikan Website Anda populer di Google, namun cara itu akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu cara yang paling banyak digunakan saat ini adalah dengan menggunakan penyedia Layanan SEO Profesional seperti kami untuk meningkatkan performa Website Anda pada.
Untuk menentukan sebuah Website yang baik dalam SEO, Google pun menerapkan beberapa Indikator. Google juga terus memperbarui Algoritma mesin pencari nya untuk memenuhi kebutuhan pencari. Perubahan pada Algoritma Google juga ikut merubah Indikator yang ada pada SEO. Namun secara umum terdapat 8 Indikator Utama SEO yang mempengaruhi tingkat SEO pada Google. Berikut merupakan 8 Indikator yang ada pada SEO, diantaranya:
Baca Juga : Manfaat SEO untuk Bisnis
- URL yang membentuk Website
Pada umumnya setiap Website memiliki URL yang diawali dengan World Wide Web (www). URL yang mencangkup kata kunci yang banyak dicari akan lebih memudahkan Website untuk ditemukan pada Google. Contoh: Anda mempunyai toko baju, Anda bisa menggunakan URL (www.tokobaju.com). Dengan menggunakan URL seperti itu akan lebih memudahkan proses pengerjaan SEO karena lebih memudahkan Google untuk membacanya.
- Menggunakan SSL dan TLS
SSL atau biasa disebut Socket Layer kini sudah digantikan fungsinya oleh TSL atau Transport Layer Security yang merupakan keamanan yang dipakai dalam sebuah Website. Google akan lebih menyukai Website yang memiliki sistem SSL/TSL sebab dinilai lebih aman. Disamping bar URL sebuah Website Anda dapat melihat ada logo gembok yang terkunci, tanda itu menandakan bahwa Website tersebut aman untuk diakses.
- Konten
Konten yang menarik juga merupakan salah satu Indikator yang dinilai SEO dari Google. Konten yang relevan dengan pencarian orang lain pada Google akan memiliki SEO yang lebih baik dibandingkan dengan konten yang tidak relevan. Contoh: Anda mempunyai Website tenang Hobby Travelling, pastikan konten yang Anda buat merupakan konten seputar Travelling juga, jangan Website nya Traveling tapi kontennya seputar Jualan Baju Online.
- Search Intent
Pada umumnya orang akan mencari apa yang dia butuhkan dengan mengetik kan kata kunci. Google akan menerjemahkan kata kunci dengan menyediakan tujuan orang tersebut. Contoh: Jika Anda mengetik kan kata kunci “baju renang”, Google akan menyediakan Website yang menjual baju renang. Sama dengan SEO dengan Anda menggunakan SEO Anda akan memilih kata kunci yang sesuai lalu di Optimasi.
- Kerapian Konten
Apa Anda salah satu orang yang tidak peduli akan kerapian konten Website, hal itu sudah pasti tidak disukai Google. Pastikan Website yang Anda miliki terstruktur kontennya dengan rapi dan jelas. Selain itu, dalam membuat konten menggunakan Heading dan Subheading juga penting untuk menandai point penting dalam konten. Jangan lupa juga untuk menambahkan gambar atau video yang menarik agar konten yang Anda buat dapat indah untuk dilihat.
- Meta Tags
Meta Tags merupakan judul dan meta deskripsi dari sebuah Website. Title Tags merupakan judul dari konten yang Anda masukan. Sedangkan Meta Deskripsi merupakan rangkuman konten yang diindeks dalam Search Engine. Meta Deskripsi terdiri dari 120 – 130 karakter dan berada dibawah judul URL artikel. Meta Tags yang relevan dengan kebutuhan pencarian dapat lebih mudah ditemukan di Google.
- Backlink
Backlink merupakan link website yang menjadi rujukan blog atau website lain. Semakin banyak dijadikan rujukan oleh Website lain, Website Anda akan semakin dinilai baik pula oleh Google. Selain itu Website yang menyertakan Website Anda sebagai backlink juga akan di cek kredibilitas dan kualitasnya. Maka dari dalam SEO backlink yang berkualitas akan lebih baik untuk Website Anda.
- Kecepatan Website
Website yang lama diakses sangat tidak disukai oleh Google. Website yang lama diakses kemungkinan besar bermasalah sehingga mendapat nilai SEO buruk dari Google. Semakin cepat Website Anda diakses akan semakin baik pula penilaian yang diberikan oleh Google. Lakukan pengecekan setiap harinya untuk mengatasi masalah Website loading lama.
Itu dia beberapa Indikator utama SEO yang penting untuk Anda pahami. Pastikan semua Indikator diatas sudah Anda terapkan pada Website Anda. Konsultasikan kepada kami apabila Anda mempunyai rencana Bisnis dengan memanfaatkan SEO, kami Nusantara Web Digital siap membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk memajukan Bisnis Anda.